Rabu, 13 Januari 2010

Manipulasi Lembar Kerja Komputer LJK



Di bulan – bulan mendekati UNAS banyak isu – isu yang membuat agung_ganteng ini heboh. Gie mana gak heboh, seluruh teman – teman saya membicarakan isu ini.

Isu yang paling heboh adalah kiat lulus tes hanya dengan modal manipulasi lembar jawaban saat UNAS. Ada yang berargumen melapisi lembar jawaban dengan lilin, ada yang berargumen bahwa dengan menghitamkan semua jawaban bakal mampu menipu komputer, ada yang mengusulkan pakai tinta ini itu dan sebagainya.
Benarkah demikian ?

Saya pun juga penasaran dengan isu – isu tersebut apakah benar atau tidak? It’s true or not. (gaya titik pake’ bhs inggris). Di antara isu-isu tersebut yang paling menarik saya saat itu adalah penggunaan lilin untuk melapisi lembar jawaban. Kata teman saya : "Dengan lapisan lilin di permukaan lembar jawaban maka nanti scannernya akan menerima pantulan sinar dari lilin sehingga dia mengira ada jawaban pada huruf yang akan diperiksa jawabannya. Dengan demikian scanner akan tertipu sehingga mengira semua jawaban kita benar dan ... kita akan dapat nilai 100% benar !" "Wah ini baru ini cemerlang !", pikir saya saat itu. Akan tetapi, begitu mudahnyakah teknik penilaian itu di"hack" ?

Setelah saya melakukan eksperimen sendiri di rumah saya dengan menggunakan 4 buah scanner (milik papa saya he..he..), akhirnya saya tahu bahawa isu tersebut salah besar.
Untuk para pembara alias reader, perlu saya jelaskan bahwa teknologi saat ini telah menghasilkan mesin scanner yang memang mampu melakukan proses pemberian skor secara langsung, tentu saja setelah diberi kunci jawaban. Apapun feature yang telah ditambahkan pada scanner, tetap saja scanner akan bekerja melalui beberapa tahap :

1. pembacaan koordinat permukaan berdasarkan kotak kotak kecil di pinggir kertas.
2. membaca data sesuai dengan setting Lembar Jawaban.
3. membaca dimana posisi bulatan hitam (bukan menentukan apakah di posisi tertentu ada bulatan hitam seperti kalau seorang guru memeriksa kertas ujian multiple choice/pilihan ganda.)

Tahap 3 itulah yang kebanyakan dari kita yang awam masih sering salah paham. Jelas bahwa scanner mendeteksi posisi bulatan hitam. Bila keberadaannya tidak pada posisi yang benar maka scanner akan menolaknya.

Yang saya maksud dengan posisi yang tidak benar termasuk di dalamnya adalah adanya penulisan jawaban rangkap. Scanner bisa diset supaya menolak bila pada koordinat tertentu terdapat bulatan hitam lebih dari satu buah. Dengan demikian argumen bahwa scanner dapat ditipu dengan jawaban ganda adalah salah besar.

Lalu bagaimana dengan lilin ? Andaikan isu itu benar, wah betapa pusingnya scanner. Dia akan menerima pantulan cahaya dari semua permukaan Lembar Jawaban. Kemudian, mana yang yang harus dijadikan data ? Kita saja bingung apalagi scanner !. Jadi, isu penggunaan lilin untuk menipu Lembar Jawaban adalah tidak benar. Lagi pula, kurang kerjaan banget, melapisi Lembar Jawaban dengan lilin sebelum ujian dimulai. Jangan-jangan kita dikira memakai jasa dukun.

Tinta ? Sebaiknya kita ikuti petunjuk panitia bahwa kita harus menggunakan pensil 2B. Titik. Memang tidak ada yang melarang penggunaan tinta (bahkan cat tembok sekali pun!). Tetapi masalahnya bukan dilarang atau tidak, melainkan bisa tidak Lembar Jawaban kita diproses dengan benar oleh scanner.

Sebaiknya kita jangan termakan isu-isu yang tidak benar. Konsentrasikan pada pengisian yang benar. Ingat selalu saja ada peserta yang tidak teliti dalam pengisian Lembar Jawaban. Ini yang perlu diwaspadai !

Semoga bermanfaat bagi para reader semua….
Thank’s yaw atas kunjungannya…

SALAM : AGUNG YUNIZAR

11 komentar:

  1. trus caranya gimana supaya bsa dapet nilai 100
    08975810045

    BalasHapus
  2. CARANYA ?
    Belajar sungguh sungguh, hitamkan pas dari tengah ke pinggir / sebaliknya
    doa sebanyak mungkin

    BalasHapus
  3. Kalo penghitaman/pengarsiran jawaban belum sempurna,maksud saya disini belum memeuhi bulatan tp sudah memenuhi hurup A/B/C/D itu gimana, masih bisa terbaca atau sudah pasti dianggap salah/tidak menjawab.?mohon pencerahannya.. Trims

    BalasHapus
  4. Kalo penghitaman/pengarsiran jawaban belum sempurna,maksud saya disini belum memeuhi bulatan tp sudah memenuhi hurup A/B/C/D itu gimana, masih bisa terbaca atau sudah pasti dianggap salah/tidak menjawab.?mohon pencerahannya.. Trims

    BalasHapus
  5. Gini kan saya menjawab b eh ternyata jawabannya c kemudian saya ganti ke c.. Apakah jawabannya menjadi ganda dan salah?

    BalasHapus